Monday, February 18, 2013

Jaringan Komputer

Apa itu Jaringan Komputer



Jaringan Komputer merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. jaringan komputer dapat diartikan juga sebagai sekumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. sehingga hal tersebut memungkinkan penguna jaringan komputer ini dapat saling bertukar data, dokumen mencetak pada printer yang sama dan mengunakan software dan hardware secara bersamaan. tiap komputer atau printer yang terhubung dalam suatu jaringan disebut node.


dilihat dari skop dan luas jaringannya, jaringan komputer secara geografis dibedakan menjadi tiga kelompok :
1. Local Area Network / LAN
Local Area Network atau LAN, merupakan jaringan yang bersifat internal dan biasanya milik pribadi di dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah dan biasanya berukurang sampai beberapa kilometer.
lan seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik unutk pemakaian sumber daya bersama serta sarana unutk saling bertukar informasi.
          
 2. Metropolitan Area Network / MAN
Motropolitan Area Network / MAN adalah sebuah jaringan mengunakan teknologi yang sma dengan LAN, hanya saja ukurannya biasanya lebih luas dari pada lan. Man dapat mencangkup kantor kantor perusahaan yang letaknnya berdekatan atau antar sebuah kota dan dapat dimanfaatkan unutk keperluan pribadi (swasta) atau umum. man mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network / WAN
Wide Area Network / WAN, jangkauan nya mencangkup daerah goegrafis yang jauh lebih luas, seringkali mencangkup sebuah negara atau sebuah benua. wan terdiri dari sekumpulan LAN dan MAN dan mesin yang bertujuan unutk menjalankan program aplikasi pemakai.


Title: Jaringan Komputer; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment